Senin, 04 Juli 2011

CARA MEMBUAT PENGUAT SINYAL MODEM SENDOK


Nah temen - temen sekarang pernah denger yang namanya antena sendok yang dipasang di modem gak? Nah kita sekarang akan coba membuatnya dengan pendekatan secara teknis jadi tidak asal bikin. Walaupun penggunaan antena sendok ini sebenarnya tidak memperkuat sinyal secara besar tapi setidaknya ini meningkatkan pengumpulan sinyal sehingga kecepatan modem dalam Ping respon bisa bertambah.
Untuk membuat sendokbolic yang efektif dengan cara pendekatan rumus berikut : lamda adalah kecepatan cahaya/gelombang di udara sebesar :Jika punya modem GSM bekerja pada 1900 mhz maka kalkulasikan...

dibagi (ingat frekuensi satuannya dalam hz).
Kemudian hasilnya didapat sebagi berikut : 0,1578....

Nah bulat kan saja menjadi 0,16 dan ini masih dalam satuan meter jika dijadikan cm menjadi 15 cm. Jadi minimal kita harus memiliki panjang anttena sebesar 15 cm untuk menangkap frekuensi di 1900 mHZ. Jika agan pernah bongkar modem atau HP ada lempengan besi, sebenarnya itulah antena nya hanya dibuat berkelok - kelok. Ataupun R/C sebenarnya juga memiliki antena sesuai dengan frekuensi dari panjang gelombang yang didapat.

Hubungannya dengan modem sekarang kita akan membuatnya menjadi antena tipe induksi yaitu dengan cara melilitkan pada body modem.

Siapkan kabel coaxial 50 ohm (minimal), kemudian potong sesuai dengan hasil kalkulasi yang kta dapat. (kabel coax atau coaxial adalah kabel yang digunakan untuk antena TV baik UHF/VHF).

Ambil kabel tembaga yang terdapat dalam kabelnya :

Kemudian lilit dan selipkan sendok. Nah apa sebenarnya fungsi dari lilitan ini?
Fungsinya adalah menginduksi ke modem dari gelombang micro yang diterima oleh ujung cekung dari sendok. Jadi sendok tidaklah serta merta langsung menghasilkan penguatan dari sinyal yang didapat namun di induksi ke modem. Jadi lebih efektif cara ini ketimbang hanya menempelkan sendok ke modem. Nah demikian cara sederhana ini adalah hal yang teknis, cobalah agar bisa mendapat hasil penguatan yang maksimal. Nah setelah dililit baru drekatkan dengan lakban atau plester.
Hasil akhir seperti ini nih :

Demikianlah cara efektif menggunakan modem untuk memperkuat sinyal modem GSM atau CDMA. Lakukan pendekatan secara teknis matematis agar hasil penguatan sinyal menjadi efektif. Oke bersambung dengan tutorial yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar